Kamis, 20 Agustus 2015

Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes



Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes >> Kebanyakan penderita diabetes telah belajar, bahwa apa yang mereka pilih untuk makan dan minum dapat membantu meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah mereka setalah makan. Jadi mana makanan yang harus Anda pilih jika Anda memiliki diabetes?

Ada empat komponen dalam makanan dapat mempengaruhi gula darah Anda :
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Lemak

Karbohidrat meningkatkan gula darah lebih cepat dan memiliki pengaruh terbesar pada glukosa darah dibandingkan dengan makanan yang mengandung protein atau lemak. Kandungan serat, protein, dan lemak menyebabkan kenaikan gula darah setelah makan.

Mengatur dan menjaga keseimbangan yang sehat dari karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan Anda dapat membantu Anda mengelola gula darah Anda. Namun penting juga untuk memilih karbohidrat yang berkualitas dan lemak cerdas, seperti :
  • Sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-bauhan untuk karbohidrat. 
  • Ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, zaitun, minyak zaitun extra virgin, dan minyak canola untuk lemak. 


Walaupun demikian, dua orang dengan diabetes dapat memiliki respon berbeda terhadap makanan yang sama. Anda mungkin ingin memeriksa gula darah Anda secara teratur sebelum dan setelah makan dan mencari pola makan yang tepat antara apa yang Anda makan dan minum dan kadar gula darah yang dihasilkan. Anda juga mungkin ingin memeriksa jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dari setiap kali makan dan mencoba untuk menjaga konsisten asupan setiap kali makan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengelola gula darah Anda.

Konsumsi diet yang sehat dan seimbang ketika Anda memiliki diabetes, tidak berarti Anda harus menjauhkan diri dari makanan yang enak. Yang penting adalah menentukan pilihan menu makanan yang memiliki keseimbangan yang baik dari protein dan lemak serta cukup sumber serat dengan ukuran porsi yang tepat. Tambahan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, protein, atau lemak dapat juga dimasukkan dalam rencana pola makan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan sodium dalam diet Anda. Baca label dan memilih makanan yang rendah sodium.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar