Rabu, 16 Desember 2015

Makanan Pemicu Alergi

Makanan Pemicu Alergi


 Alergi makanan memang tidak di derita oleh semua orang, hanya sebagian orang saja yang bisa menderita alergi. Menderita alergi membuatnya harus membatasi asupan makanan, karena jika mengkonsumsi makanan yang menimbulkan alergi pasti akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh mereka.

makanan pemicu alergi
makanan pemicu alergi

Penyebab alergi terhadap makanan sendiri cukup beragam, ada yang merupakan tanda atau gejala ringan, ada pula yang menunjukkan gejala yang tidak cocok yang parah. Mengkonsumsi makanan padahal tubuh menunjukkan reaksi alergi dapat memicu problem kesehatan yang lebih parah, diantaranya adalah kematian.

Memilih makanan tidak selamanya menjadi hal yang tidak baik. Seperti pada penderita alergi makanan tertentu, memilih makanan justru menjadi suatu kewajiban. Berikut ini adalah jenis makanan pemicu alergi :
  1. Susu
    Apabila Anda dideteksi alergi laktosa, maka sebaiknya mengindari susu dan aneka produk yang terbuat dari susu, misalnya : mentega, keju, cream cheese, ice cream, yogurt, pudding, sour cream, dan lain sebagainya. Alergi terhadap laktosa ini belum diketahui penyebab utamanya, namun biasanya susu yang boleh dikonsumsi adalah yang terbuat dari kedelai.
  2. Kacang
    Aneka menu kacang dapat menyebabkan reaksi alergi. Reaksinya bisa berbeda setiap orang, ada yang saat tak tahan akan mengalami rasa sakit yang hebat pada perut dan buang air berlebihan. Penyebabnya macam-macam, dan umumnya disebakan oleh kandungan zat didalam kacang itu sendiri.
  3. Ikan
    Beberapa ikan laut dapat menyebabkan reaksi alergi. Kabaranya ini disebabkan oleh gen, dan biasanya muncul ketika kondisi tubuh sedang tidak fit.
  4. Telur
    Tidak sedikit orang yang ternyata alergi dan sensitif terhadap telur. Alergi biasanya ditunjukkan lewat kulit yang kemerahan disertai gatal-gatal, atau sesak napas atau batuk. Apabila Anda alergi terhadap telur, maka sebaiknya menghindari makanan yang berlebihan dasar telur seperti mayonnaise, meringues, pasta, es krim, dan lain sebagainya.
  5. Kerang-kerangan
    Sama halnya seperti ikan laut, tidak sedikit orang yang alergi pada kerang-kerangan. Apabila reaksi alergi muncul, biasanya diatasi dengan minum air kelapa muda.
  6. Alergi Kedelai
    Bila ada yang alergi laktosa susu, ada pula yang ternyata alergi pada kedelai. Untuk itu, Anda yang memiliki alergi kedelai dianjurkan menghindari aneka makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, kecap, dan lain sebagainya.
  7. Gandum
    Agak unik memang, tetapi ada orang yang alergi pada aneka makanan yang berbahan dasar gandum, seperti misalnya minuman sereal, roti gandum, crackers, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar