Jumat, 11 Desember 2015

Makanan Pemicu Naiknya Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau juga disebutdengan hipertensi adalah kondisi medis yang ditandai dengan melonjatnya tekanan darah pada arteri yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Makanan Pemicu Naiknya Tekanan Darah
Makanan Pemicu Naiknya Tekanan Darah

Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi diantara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisran sistolik (bacaan atas) 100-140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60-90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Kondisi yang tidak baik ini tentunya memberikan dampak yang tidak bisa dianggap sepele pada tubuh Anda. Makanan juga berpengaruh terhadap peningkatan tekanan darah dalam tubuh.

Berikut ini adalah makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah tinggi dalam tubuh :
  1. Tepung
    Makanan yang mengandung tepung terigu dapat memicu kenaikan indeks glikemik, yang berakibat naiknya glukosa dan kadar gula. Ini secara berantai dapat memicu naiknya tekanan darah.
  2. Minyak goreng nabati
    Minyak tersebut memiliki kandungan lemak sintesis, sehingga memicu kenaikan tekanan darah. Mengganti makanan yang digoreng dengan minyak goreng akan membantu menjaga tekanan darah tetapi stabil. Beralihlah ke minyak zaitun.
  3. Olahan daging
    Berbagai makanan yang terbuat dari daging olahan, umumnya diawetkan dengan memakai zat pengawet kimia. Kandungan natrium dan garam yang tinggi dalam berbagai makanan ini memicu hipertensi.
  4. Makanan beku
    Jenis nuget, atau makanan yang dibekukan lainnya juga tinggi natrium, sehingga sebaiknya dihindari.
  5. Acar
    Acar memiliki campuran cuka. Hindari jenis makanan ini, agar lebih sehat.
  6. Kentang goreng
    Kentang goreng yang dijual di restoran cepat saji berpotensi memiliki kandungan natrium yang tinggi. Selain itu lemak dan sodiumnya juga berbahaya bagi tekanan darah.
  7. Mie instan
    Ini adalah makanan yang banyak digemari, namun memiliki kandungan zat natrium yang dapat memicu hipertensi. Cobalah menghindarinya agar tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar